Tuesday, September 9, 2014

UKP 2 TEHNOLOGY BAHAN 03



1.a.Sebutkan macam-macam satuan Viskositet minyak lumas !
Jawab:
·  Derajat engler
·  Detik redwood I dan detik red wood II.
·  Detik saybolt universal dan detik saybolt furol.
·  Poise dan centipoise.
·  Stoke dan centistokes kinemetic viscositas.
·  SAE ( Sociaty of aoutomotive engines ).

b.Berikan 2 (dua) contoh yang banyak digunakan di Indonesia !
jawab:
·  Viscositas kenematis: menggunakan satuan stroke/centi stroke (CS) Viscositas diambil dimana berat jenis dari minyak sangat berperan penting sewaktu dialirkan melalui tabung (mengatur dgn gaya berat sendiri).
·  *Indeks viscositas: ukuran yg menunjukan perubahan viscositas/kekentalan pd permukaan suhu.
2.a.Sebutkan macam-macam bahan bakar di lihat dari strukturnya
Jawab:
1. Bahan bakar padat : terdiri dari batubara yg meliputi kokas, batubara tepung dan briket
2.Bahan bakar cair : terdiri dari bensin, solar, kerosin, minyak diesel
3.Bahan bakar gas : terdiri dari gas elpiji, LNG
b.Apa yang dimaksud Residu  dan dimana digunakan.
Jawab:
 minyak bumi merupakan produk samping kilang minyak yang murah dan belum dimanfaatkan secara maksimal. Pada pengilangan minyak mentah diumpankan ke dalam kolom distilasi atmosferik, sehingga menghasilkan beberapa fraksi minyak dengan rentang titik didih yang berbeda.
3.Sebutkan kegunaan paking-paking tersebut dibawah ini :
a. Klengerit : untuk pelapis pd suhu dan tekanan yg tinggi yg berhubungan dg minyak
b. Tembaga : ialah untuk bagian yg tahan tekanan dan suhu tinggi serta td menemoel pd    bidang paking atau tutup silinder,tutup rumah katup
c. Karet : ialah untuk bahan paking, gelang simer, selang, sbg peredam getaran sabuk mesin, sabuk trfansfer.
d.Asbes : ialah untuk packing plat, packing sumbat tabung, packing pd sambungan flens, exhaust manipol ( yg berhubungan dg tem tinggi).
4.Diketahui susunan BBM untuk ketel 86 % C, 12 % H, 1 % S dan 1 % O.
Ditanyakan :
a)NP dan No ( Kj / Kg)
b)    Massa udara teoritis untuk pembakaran
c)Massa udara praktis ( faktor udara 1,4)
d)    Massa gas asapnya.
jawab
a)     NP=340.C+1440(H-O/80)+105.S  
      =340.86+1440(12-1/80)+105.1
      =46.445 Kj/kg.
•NO=340.C+1200(H-O/80)+105.S 
       =340.86+1200(12-1/80)+105.1
       =43.595 Kj/kg
b)   Gut=1/23(8/3.C+8.H+S+O)       
        =1/23(8/3.86+8.12+1+1)
        =14,23 Kj/kg.

c)     Gup=Fu.Gut
        =1,4.14,23
         =19,92 Kj/kg.
5. Penanganan air penting dilakukan untuk menghindari masalah pada Instalasi.
  a).masalah apa saja yg biasa terjadi&apa penyebabnya?
 *Pengendapan lapisan yg keras (endapan) bg ketel, endapan batu ketel berasal dari garam yg larut dgn air.
*Pembentukan lapisan2 keras di sisi uap pipa2 pemanas lanjut dgn efek seperti diatas (butir 1) penyumbatan pipa2 yg relative sempit maupun rugi tekanan&kenaikan suhu pipa (dibawa sertanya air dgn larut di dlmnya).
*Korosi dibagian dlm ketel, turbin tekanan rendah, kondensor dan system pemipaan, pompa2 dsb (adanya CO2 dlm ketel masing2x kondensatnya.
  b).Bagaimana cara menanggulangi pengaruh dari kekerasan sementara&kekerasan permanen?
*Tetritasi dgn larutan sabun standar kekerasan ini dpt ditentukan dgn tetritasi dgn larutan sabun standar, sabun pengikat & ion2 Ca&Mg sampai mengendap



 

Packing

kegunaan packing-packing di bawah ini:
 a) klingrit : untuk pelapis pada suhu dan tekanan yang tinggi yang berhubungan dengan minyak.
b) Tembaga ialah untuk bagian yang tahan tekanan dan suhu tinggi serta tidak menempel pada bidang paking atau tutup silinder,tutup rumah katup.
c) Karet ialah untuk bahan paking, gelang simer,selang,sebagai peredam getaran sabuk mesin,sabuk trfansfer. d) Asbes ialah untuk packing plat,packing sumbat tabung, packing pada sambungan flens,exhaust manipold (yang berhubungan dengan temperatur tinggi).

e)Packing TBA firefly untuk packing oli merupakan packing berbahan kertas.
temperature    : 100 C
Width             : 1000mm
Thickness       : 0,5mm – 3,2mm